Review Grup C Piala Dunia Qatar 2022

Review Grup C Piala Dunia Qatar 2022

Review Grup C Piala Dunia 2022 – Drawing pembagian grup Piala Dunia 2022 telah dirilis oleh federasi sepak bola dunia FIFA. Dalam drawing piala dunia 2022, Terdapat delapan grup yang masing-masing terdiri dari empat tim.

Dalam pembagian grup piala dunia Qatar 2022 tersebut, salah satu grup yang juga cukup menarik perhatian adalah Grup C Piala Dunia 2022. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, pasalnya dalam grup tersebut tersebut bertengger tim kuat Argentina yang diisi oleh banyak pemain terbaik dunia.

Banner 1

Tim Yang Tergabung Dalam Grup C Piala Dunia 2022

Grup C Piala Dunia 2022 diisi oleh Argentina, Meksiko, Polandia, dan Arab Saudi. Argentina tentu menjadi tim yang sangat diunggulkan untuk lolos ke babak 16 besar. Hal ini tentu dapat dilihat dengan mudah, dimana dari empat tim yang ada, Argentina lah satu-satunya negara yang ada di 5 besar peringkat FIFA, tepatnya di peringkat 4.

Argentina

Argentina - Grup C Piala Dunia 2022

Argentina lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar sebagai runner-up zona CONMEBOL. Mereka mengemas 39 angka dari 17 laga, hanya kalah dari Brasil. Hal ini tentu memperpanjang rekor tak terkalahkan Lionel Messi dan kawan-kawan sejak Juli 2019. Argentina sendiri terakhir kali kalah saat melawan Brasil di ajang Copa America dengan skor 2-0. Mereka kemudian tak tersentuh kekalahan dalam 31 laga, termasuk laga uji coba yang mereka gelar.

Melihat kekuatan tim di Grup C piala dunia 2022, Argetina tentu dangat diunggulkan. Terlihat dari daftar pemain Argentina yang diisi oleh pemain termahal, yaitu Lautaro Martinez. Lautaro Martinez menjadi pemain termahal di Grup C piala dunia 2022 dengan banderol 70 juta euro, atau 1,1 triliun dalam rupiah. Posisi kedua tentu juga ditempati oleh Lionel Messi dengan banderol Rp954 miliar.

Secara mental, tim Argentina memang sangat tangguh. Mereka juga tahu bagaimana cara untuk bisa memetik tiga poin atau mengontrol jalannya laga hingga tak terpeleset. Namun beberapa masalah pada ketajaman lini serang tim Tango tentu harus segera diperbaiki. Sebab di babak kualifikasi kemarin, Argentina hanya mencetak 27 gol saja dari 17 pertandingan.

Meksiko

Meksiko

Meksiko lolos kualifikasi Piala Dunia babak ketiga zona CONCACAF dengan status sebagai runner-up. Tim besutan Gerardo Martino ini sebenarnya punya 28 poin, sama dengan sang juara grup, Kanada. Namun Kanada unggul atas head-to-head dan lebih produktif. Meksiko lolos dengan mengungguli Amerika Serikat yang finis di peringkat tiga.

Melihat materi pemain, Meksiko tampil dengan pemain yang cukup bagus. Meksiko tampil di Grup C piala Dunia 2022 dengan pemain yang merumput di Eropa seperti Raul Jimenez, Hirving Lozano, Hector Herrera, Jesus Corona, hingga Edson Alvarez. Dari 14 laga, mereka hanya kalah dua kali dan imbang empat kali. Kekalahan didapat saat melawan Amerika dan Kanada.

Hasil imbang didapat ketika meksiko menghadapi Kanada, Kosta Rika, dan Amerika. Hasil ini merefleksikan kurang tajamnya lini serang mereka. Dari 14 laga mereka, Meksiko hanya mencetak 17 gol.

Polandia

Polandia

Di atas kertas, Tim Polandia bisa menjadi pendamping Argentina untuk lolos ke babak berikutnya. Mereka punya pemain terbaik yaitu Robert Lewandowski, Piotr Zielinski, Grzegorz Krychowiak, Krzysztof Piatek, Jan Bednarek, hingga Wojciech Szczesny. Ancaman paling berbahaya dari Polandia di Grup C ini tentu berasal dari Lewandowski. Bomber Bayern Munchen itu mengemas delapan gol dari 10 laga di Grup I kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, Polandia hanya finis di posisi kedua. Mereka kalah dari Inggris yang keluar sebagai juara grup. Tim asuhan Czesław Michniewicz tersebut harus bermain di babak playoff. Di babak ini, Polandia langsung masuk ke babak final Path B playoff karena di semifinal Rusia dikenai sanksi sebagai imbas invasi ke Ukraina. Lewandowski dkk menang 2-0 atas Swedia.

Arab Saudi

Arab Saudi - Grup C Piala Dunia 2022

Tim keempat yang masuk dalam Grup C piala dunia 2022 adalah aArab Saudi. Arab Saudi merupakan salah satu tim terkuat dari zona Asia bagian AFC ini berhasil menjadi pemuncak Grup D pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Di babak ketiga, mereka juga keluar sebagai juara di Grup B. Dengan materi pemain seperti Salem Al-Dawsari, Saleh Al-Shehri, dan kapten Salman Al-Faraj, mereka mengungguli tim seperti Jepang dan Australia. Australia sendiri finis di posisi tiga sementara Jepang di posisi runner-up. Sementara China cuma finis di peringkat 5.

Dalam grup tersebut, Argentina merupakan negara yang paling sering tampil di Piala Dunia lewat 17 edisi. Meksiko yang hanya memiliki selisih satu edisi lebih sedikit dari Argentina, yaitu 16 kali. Posisi kedua ditempati oleh Polandia, dimana Polandia merupakan wakil Eropa di Grup C piala dunia 2022 yang sudah tampil di Piala Dunia sebanyak delapan kali. Sedangkan Arab Saudi diketahui baru tampil di ajang ini sebanyak lima kali saja. Bagaimana pendapat Anda?

Leave a comment