Review Grup Neraka, Grup E Piala Dunia 2022

Review Grup Neraka, Grup E Piala Dunia 2022

Drawing undian Piala Dunia 2022 Qatar telah berlangsung di The Doha Exhibition and Convention Center (DECC), Qatar pada Jumat 01 April 2022. Hasil undian piala dunia 2022 menghasilkan beberapa grup menarik yang tersaji pada drawing Piala Dunia 2022 Qatar tersebut. Salah satu grup yang layak disebut grup neraka adalah Grup E piala dunia 2022.

Banner 1

Pada Grup E piala dunia 2022, terdapat dua tim papan atas Eropa yang harus saling sikut dalam babak penyisihan, yaitu Spanyol dan Jerman. Kedua tim ini bakal bersaing dengan tim kuat Asia, yaitu Jepang.

Dalam hasil undian grup E piala dunia 2022 tersebut, Tim terakhir di dalam grup ini akan diisi oleh pemenang dari Intercontinental Playoff 2 yang mempertemukan Costa Rica atau Selandia Baru. Perebutan dua tiket ke babak knockout dari grup ini tentunya bakal menarik.

Kekuatan Tim di Grup E Piala Dunia 2022

Spanyol

Spanyol - Piala Dunia 2022

Spanyol merebut tiket langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 lewat jalur kualifikasi. Mereka menjadi juara Grup B kualifikasi zona Eropa dengan 19 poin dari delapan pertandingan. Spanyol tentu datang kekuatan penuh, mereka akan bertanding dengan kombinasi pemain senior dan pemain muda.

Salah satu kekuatan Spanyol ada di lini tengah. Enrique punya banyak opsi gelandang seperti Busquets, Rodri, Koke, Pedri, Gavi, bahkan Dani Olmo. Tim Spanyol tentu juga memiliki kekuatan yang tangguh di lini belakang. Baru-baru ini Enrique sering menduetkan Pau Torres dan Eric Garcia di jantung pertahanan.

Jerman

Jerman - Piala Dunia 2022

Sama seperti Spanyol, Jerman juga merebut tiket langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 lewat jalur kualifikasi zona Eropa. Tim Jerman menjadi juara Grup J dengan 27 poin dari 10 pertandingan. Jerman sendiri tengah dilatih oleh Hansi Flick, dengan gaya bermain khas Bundesliga.

Melihat Jerman bermain tentu tidak akan jauh berbeda dengan melihat permainan Bayern Munchen. Kekuatan Jerman terletak pada barisan penyerang dari lini kedua, tepatnya dari posisi winger dan second striker. Di Grup E piala dunia 2022, Jerman punya Muller, Sane, Havertz, dan beberapa nama lain.

Jepang

Jepang - Piala Dunia 2022

Tim Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 melalui jalur kualifikasi zona AFC. Mereka jadi runner up Grup B putaran ketiga kualifikasi, di bawah Arab Saudi. Kualifikasi zona AFC tidak mudah. Setiap negara harus melewati banyak pertandingan untuk merebut tiket ke putaran final. Jadi, keberhasilan Jepang patut diapresiasi.

Jepang memetik 7 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 2 kali kalah dari 10 pertandingan di putaran ketiga kualifikasi AFC. Jepang mengoleksi 22 poin, hanya kalah tipis dari Arab Saudi (23 poin). Saat ini skuad Jepang diisi oleh banyak nama baru. Ada beberapa pemain yang berkarier di Eropa seperti Takemi Minamino dan Takefusa Kubo.

Slot Terakhir di Grup E

Slot terakhir Grup E Piala Dunia 2022 masih akan ditentukan. Kosta Rika dan Selandia Baru akan berebut satu tiket terakhir di babak play-off bulan Juni mendatang. Berbicara kekuatan tim, Kosta Rika akan sedikit lebih unggul karena skuad yang lebih mumpuni. Kompetisi sepak bola di Amerika Selatan tentu bisa dikatakan lebih hidup daripada Selandia Baru.

Namun jika Kosta Rika yang akan lolos ke piala dunia 2022, Kosta Rika mungkin bakal jadi lawan yang lebih merepotkan bagi Spanyol, Jerman, dan Jepang. Kosta Rika unggul segalanya, tapi Selandia Baru tidak bisa dipandang sebelah mata. Duel play-off nanti tentu akan berlangsung sengit.

Leave a comment